Search

Awas! Kematian Mengincar Mereka yang Tidur Kurang dari Enam Jam

Suara.com - Setiap hari seseorang membutuhkan durasi tidur enam sampai delapan jam. Namun, ada sebagian orang yang tak mampu memenuhinya karena alasan pekerjaan atau insomnia.

Dampak kurang tidur terhadap kesehatan telah banyak diungkap para ilmuwan. Baru-baru ini, penelitian menunjukkan, tidur kurang dari enam jam sehari dapat meningkatkan risiko kematian hingga dua kali lipat, terkait dengan diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, dan obesitas.

"Jika Anda memiliki beberapa faktor risiko penyakit jantung, maka mendapatkan tidur cukup merupakan hal wajib untuk menurunkan risiko kematian," kata penulis utama Julio Fernandez-Mendoza selaku Asisten Profesor di University of Pennsylvania.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Heart Association, peneliti melibatkan 1.344 orang dewasa berusia 49 tahun yang setuju menghabiskan tidur satu malam di laboratorium.

Hasil penelitian menunjukkan, 39,2 persen partisipan memiliki setidaknya tiga dari faktor risiko obesitas seperti peningkatan kolesterol total, hipertensi, dan kadar gula darah yang tinggi saat puasa. Selama tindak lanjut penelitian 16 tahun kemudian, 22 persen responden meninggal dunia.

"Uji coba klinis di masa depan diperlukan untuk menentukan apakah tidur lebih lama yang dikombinasikan dengan menurunkan tekanan dan kadar gula darah dapat memperbaiki kondisi kesehatan orang dengan sindrom metabolik," kata Fernandez. (Zeenews)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Awas! Kematian Mengincar Mereka yang Tidur Kurang dari Enam Jam"

Post a Comment

Powered by Blogger.