Search

Cerita Dibalik Munculnya Situs 'AntiHoax Jokowi', Jokowifaq.org

Suara.com - Seorang konsulta komunikasi dan pengusaha Hariadhi membuat situs Jokowifaq.org untuk mengklarifikasi pemberitaan miring dan diduga bohong tentang Presiden Joko Widodo. Hariadhi prihatin dengan munculnya hoax dalam berapa waktu terakhir.

Kepada suara.com, Hariadhi bercerita di balik pembuatan situs itu. Dia membuat situs itu sejak 2015 silam.

"Saya prihatin karena banyaknya hoax dan info palsu mengenai presiden kita. Banyak pendukungnya yang clueless menjawabnya karena tidak punya data. Jadi saya bantu mengarahkan ke info yang benar, yang memang sudah resmi rilis. Jadi tidak dibuat-buat," kata Hariadhi saat berbincang dengan suara.com Jumat (12/5/2017) malam.

Uniknya, Hariadhi membuat situs itu dengan modal sendiri. Dia tidak memberi tahu pihak kepresidenan, bahkan Jokowi.

Jokowi FAQ (Frequently Asked Question) adalah situs yang berisi informasi mengenai berita bohong atau yang disalahpahami oleh masyarakat. Sehingga mengganggu jalannya pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla selama 2014-2019. Tidak lama-lama Hariadhi membuat situs itu, hanya 3 hari saja.

"Sampai sekarang terus berjalan," kata dia.

Hariadhi merahasiakan biaya pembuatan situs itu. "Tapi kalau membuat situs sebenarnya tergantung kita juga, seperti apa efek yang diharapkan. Bisa mahal, bisa murah," tandasnya.

Lewat situs itu, Hariadhi ingin jadi salah satu referensi masyarakat untuk melihat info yang benar atau tidaknya informasi mengenai pemerintahan.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cerita Dibalik Munculnya Situs 'AntiHoax Jokowi', Jokowifaq.org"

Post a Comment

Powered by Blogger.