Search

Pendukung Ahok Akhirnya Dibubarkan Polisi, Begini Situasinya

Suara.com - Pendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang bertahan di depan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Jalan Letjen Soeprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2017), malam, akhirnya dibubarkan anggota polisi.

Anggota polisi membubarkan aksi solidaritas untuk mendukung Ahok tersebut karena sudah melewati batas waktu yang ditentukan yaitu jam 18.00 WIB.

Melewati batas waktu tersebut dikhawatirkan akan memicu masalah. Pasalnya, aksi massa semacam ini bisa mengganggu kenyamanan warga yang lain.

Pembubaran massa dilakukan dengan cara persuasif sehingga tidak menimbulkan konflik.

Perlahan-lahan, massa mulai meninggalkan lokasi sambil menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

Sejak Maghrib tadi, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Suyudi Ario Seto sudah mengingatkan mereka untuk pulang.

Namun, ketika itu, imbauan tidak dituruti massa. Justru, sebagian besar massa melanjutkan aksi dengan menyalakan lilin.

Di Balai Kota, pelaksana tugas Gubernur Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta pendukung Ahok menyudahi aksi turun ke jalan karena dapat mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat.

Djarot mengingatkan aksi solidaritas tersebut, meskipun dilakukan terus menerus, tetap tidak akan mengubah keputusan pengadilan yang memvonis Ahok dua tahun penjara atas kasus penistaan agama. Sebaliknya, aksi terus menerus bisa malah membuat warga tidak bersimpati lagi.

"Sudah, stoplah. Kalau bikin aksi-aksi yang simpati jangan sampai ganggu warga, saya sampaikan jangan sampai merugikan diri sendiri jangan sampai merugikan masyarakat," kata Djarot.

Djarot mengimbau ahokers untuk menghormati proses hukum seperti juga yang diharapkan Ahok.

Djarot kemudian menekankan pentingnya mengembalikan fondasi Pancasila dengan semangat nasionalisme.

"Apa lagi sebentar lagi kita peringati Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei. Kita memperkuat ke-Indonesian kita. Jadi bukan hanya persoalan Pak Ahok," ujar Djarot.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pendukung Ahok Akhirnya Dibubarkan Polisi, Begini Situasinya"

Post a Comment

Powered by Blogger.