Search

Pro-ISIS Bantai 19 Warga Marawi, Termasuk Perempuan dan Anak-anak

Suara.com - Pertempuran antara tentara Filipina melawan militan bersenjata di Marawi, Pulau Mindanao, Filipina, kian memanas. Pihak militer Filipina, Minggu (28/5/2017), mengklaim bahwa militan membunuh 19 warga sipil lagi dalam pertempuran tersebut.

Dengan demikian, baku tembak yang telah berlangsung selama sepekan telah menewaskan sedikitnya 85 orang. Kekerasan tersebut membuat Presiden Filipina Rodrigo Duterte memberlakukan masa darurat di Pulau Mindanao guna menumpas keberadaan kelompok militan pro-ISIS di kawasan tersebut.

Militer menyebut, militan membunuh 19 warga sipil di Marawi, sebuah kota berpopulasi 200.000 jiwa yang mayoritas warganya pemeluk agama Islam. Tiga diantaranya merupakan perempuan, sementara satu lainnya merupakan anak-anak. Jenazah mereka ditemukan di dekat sebuah universitas.

"Mereka adalah warga sipil, perempuan. Para teroris ini anti-warga. Kami menemukan jenazah mereka saat melakukan operasi penyelamatan (pada Sabtu)," kata juru bicara militer regional, Letnan Kolonel Jo-ar Herrera kepada AFP.

Seorang fotografer AFP mengaku melihat delapan jenazah lain di samping jalan di pinggiran kota Marawi, Minggu. Menurut warga setempat, mereka adalah pegawai tempat penggilingan padi dan sebuah fakultas kedokteran.

Kekerasan ini berawal saat puluhan militan bersenjata melakukan serangan membabi buta di Marawi menyusul penyerbuan militer ke rumah yang disinyalir persembunyian Isnilon Hapilon, orang yang diyakini sebagai pemimpin kelompok pro-ISIS Filipina.

Para militan memasang bendera-bendera hitam khas ISIS, menawan seorang pendeta dan 14 lainnya dari sebuah gereja. Mereka juga membakar sejumlah bangunan.

Tiga belas tentara, dua polisi, dan 51 militan tewas dalam pertempuran selama sepekan. Sebagian besar penduduk telah mengungsi.

Pada Sabtu (27/5/2017), militer mengumumkan bakal mengintensifkan pengeboman ke kawasan tersebut.

"Ketika kita berupaya sebisa mungkin menghindari kehancuran, para pemberontak ini bersembunyi di rumah-rumah warga, gedung pemerintah, dan fasilitas lainnya," kata juru bicara militer Brigadir Jenderal Restituto Padilla.

"Penolakan mereka untuk menyerah membuat kota tersandera. Dengan demikian, saat ini menjadi kian penting untuk melakukan serangan udara lebih banyak untuk membersihkan kota dan mengakhiri pemberontakan ini lebih cepat," sambungnya.

Militer mengatakan, kelompok pemberontak berasal dari kelompok lokal yang dikenal dengan Maute. Kelompok ini memiliki sekitar 260 anggota yang sudah menyatakan kesetiaan kepada ISIS. (AFP)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pro-ISIS Bantai 19 Warga Marawi, Termasuk Perempuan dan Anak-anak"

Post a Comment

Powered by Blogger.