Search

Stres dan Gaya Hidup Alasan Pekerja Gunakan Narkoba

Suara.com - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) menyatakan, alasan para pekerja menggunakan narkoba karena gaya hidup mengakibatkan memakai narkoba sebagai tempat pelarian.

"Para pekerja menyalahgunakan narkoba disebabkan karena beberapa hal, di antaranya tingkat stres yang tinggi, memiliki uang, gaya hidup dan merupakan pengguna lanjutan sebelum mereka bekerja," kata Kepala BNNP aluku Utara, Brigjen Pol Drs Richard M. Nainggolan di Ternate, Kamis.

Bahkan, sejumlah 30 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Dinas Kesehatan Kota Ternate saat mengikuti Kegiatan Diseminasi Informasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang dilaksanakan BNNP Maluku Utara pada Kamis, (18/5) bertempat di aula Dinkes Kota Ternate.

Richard menjelaskan sesuai hasil penelitian Pusat Penelitian kesehatan Universitas Indonesia (UI) dengan BNN, jumlah pekerja yang menyalahgunakan narkoba sejumlah 50,34 persen, lebih separuh dari total jumlah Penyalahguna narkoba di Indonesia.

Menurutnya, upaya pencegahan ke pekerja dilakukan agar lebih produktif dan berperilaku sehat serta mampu meningkatkan mutu kerja dan memberikan kontribusi positif bagi institusi maupun masyarakat dan untuk itu butuh dukungan khususnya Dinas Kesehatan Kota.

Richard juga menyampaikan upaya rehabilitasi terutama untuk penyalahguna juga membutuhkan dukungan petugas kesehatan selain keluarga mereka sendiri.

Sebelumnya Kabid P2M, Drs.Hairuddin Umaternate, M.Si juga menjelaskan dampak penyalahgunaan narkoba ke para ASN ini dan mengharapkan para petugas kesehatan dapat mentransfer pengetahuan yang dimiliki dan dapat disosialisasikan ke masyarakat ditempat mereka bertugas.

Sedangkan, Kasie Pencegahan BNNP Malut, Mutia Tahir, SKM, M.M.Kes sebagai penanggung jawab menyampaikan akan dilakukan penguatan P4GN khususnya kepada petugas promosi kesehatan Dinkes Kota Ternate, sehingga membantu pelaksanaan tugas sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba. [Antara]

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Stres dan Gaya Hidup Alasan Pekerja Gunakan Narkoba"

Post a Comment

Powered by Blogger.