Search

Kisah Komandan Satpol PP Jaga Libur Lebaran di Monas

Suara.com - Kawasan destinasi wisata Monumen Nasional, Jakarta Pusat, dijaga ketat selama musim libur Lebaran.

Komandan Regu Satpol PP Kecamatan Johar Baru, Erwin S. mengatakan Monas dijaga ketat karena berada di kawasan ring satu atau obyek vital. Monas terletak di depan Istana Merdeka.

"Karena ini area ring satu. Kami juga arahkan kendaraan yang ingin parkir di IRTI, agar aman. Kami juga ingin memastikan tidak ada PKL," ujar Erwin kepada Suara.com di Monas, Selasa ( 27/6/2017).

Setiap pintu ke kawasan Monas mendapat penjagaan sekitar 21 petugas.

Selama masa liburan, kawasan Monas relatif tetap tertib. Para pedagang kaki lima tetap hanya boleh berjualan di area yang diperuntukkan bagi pedagang.

"PKL sudah mulai mengerti, kita arahkan berjualan ke tempat yang nggak melanggar peraturan daerah," katanya.

Demi tanggungjawab menjalankan tugas, Erwin rela menunda untuk liburan bersama keluarga.

"Nggak bisa mudik karena lembur kerja. Sekarang kita nggak bisa ambil cuti, bisa ngambil cutinya nanti," kata ayah dari dua orang anak.

Selama masa Lebaran, lelaki berusia 51 tahun itu bertugas jaga sampai 16 jam sehari. Sistem kerja selama masa Lebaran diatur menjadi dua hari kerja, baru kemudian mendapatkan satu hari libur.

"Nggak boleh kosong di sini, harus ada petugas. Saya dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam, khusus lebaran ini. Setiap tahun lebaran masuk terus," kata Erwin.

Memutuskan untuk menjadi Satpol PP sudah harus menerima resiko untuk menjalankan tugas kapan pun dan dimana pun.

Erwin tidak protes meskipun tetap bertugas ketika orang lain liburan. Dia tentu saja sedih karena tidak bisa berlebaran bersama keluarga. Tapi, dia tetap bangga karena bisa berkontribusi untuk membantu menjaga ketertiban Jakarta.

"Sedihlah tapi senang, namanya kan tugas negara. Sedihnya karena kita main komunikasi saja sama keluarga saat lebaran," katanya.

Anak dan istri Erwin dapat memahami tugas Satpol PP.

"Istri saya sudah tahu setiap hari raya tugas. Beliau cuma bilang jangan nakal, tapi mendukung. Nggak hanya lebaran, tahun baru, natal juga tugas, nggak boleh ambil cuti," kata lelaki kelahiran Garut, Jawa Barat.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kisah Komandan Satpol PP Jaga Libur Lebaran di Monas"

Post a Comment

Powered by Blogger.