Search

Srikandi Kendeng Akan Bertemu Megawati Mengadukan Ganjar Pranowo

Suara.com - Warga Pegunungan Kendeng di Kabupaten Pati, Jawa Tengah akan menemui Ketua PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Kamis (8/6/2017) siang ini. Mereka ingin mengadukan Gubernur Jawa Tengah yang juga kader PDIP, Ganjar Pranowo.

Koordinator petani Pegunungan Kendeng, Gunarti mengatakan saat ini para petani Kendeng singgah di kantor LBH Jakarta, Jalan Diponogoro, Menteng, Jakarta Pusat. Mereka akan jalan ramai-ramai ke Kantor PDIP di kawasan itu juga.

“Kami akan berangkat siang ke Kantor PDIP. Setelah itu ke kediaman Ibu Megawati,” kata Gunarti dengan berbahsa Jawa berbincang dengan suara.com, Kamis siang.

Hanya saja, pertemuan ini tidak melewati perjanjian waktu dengan Mega. Para petani kendeng akan meminta ditemui dengan Mega.

“Tidak tahu apakah bisa bertemu apa tidak. Kami tidak membuat janji karena tidak tahu ke mana harus meminta waktunya. Kami cuma petani biasa,” kata dia.

Dalam pertemuan itu, Gunarti dan Srikandi Kendeng lainnya akan mengadukan Ganjar. Sebab Ganjar dinilai membiarkan izin tambang semen di Pegunungan Kendeng.

“Kami ingin tanya juga nasib pengkajian izin lingkungan di sana,” kata dia.

Gunarti menjadi perempuan pertama yang menggerakkan para ibu di desanya untuk memprotes penambangan baru kapur di desanya. Dia keliling 7 desa menemui para ibu, dan memberi tahu alasan pabrik semen harus diprotes.

Ancaman pembangunan pabrik semen tidak hanya terjadi desanya, namun di beberapa Kabupaten Pati. Penambang mengincar batu kapur di Pegunungan Kendeng. Di sisi lain, gunung itu menjadi sumber penghidupan masyarakat.

Gunarti dan ratusan warga Kendeng tak main-main menolak pembangunan semen. Terutama setelah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengeluarkan izin baru pendirian pabrik dan gugurnya, salah satu ‘Kartini Kendeng’, Patmi saat melakukan aksi cor kaki.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Srikandi Kendeng Akan Bertemu Megawati Mengadukan Ganjar Pranowo"

Post a Comment

Powered by Blogger.