Search

Ahokers Tetap Bertahan di Pengadilan, Mereka Nyalakan Lilin

Suara.com - Pendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok),Jumat (12/5/2017) malam, menyalakan lilin bersama-sama di depan kantor Pengadilan Tinggi Jakarta, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Mereka tetap bertahan di lokasi tersebut meskipun melewati batas waktu yang ditentukan polisi.

Saat ini, pendukung Ahok menyanyikan lagu-lagu kebangsaan, di antaranya Maju Tak Gentar, Ibu Pertiwi, dan Indonesia Raya.

Koordinator aksi Rendy Reinhart mengatakan aksi ini merupakan solidaritas masyarakat kepada Ahok. Mereka menjadikan Ahok sebagai simbol masyarakat yang mendapatkan ketidakadilan hukum. Ahok diputuskan bersalah atas kasus penistaan agama.

Rendy sebenarnya sudah meminta massa untuk menghentikan aksi setelah pukul 18.00 WIB. Tapi, ternyata sebagian besar massa tetap bertahan.

Mereka menuntut pengadilan mengabulkan permohonan penahanan terhadap Ahok.

"Kalau massa maunya aksi sampai pagi, saya nggak bisa apa-apa dong. Sebagai warga negara yang baik, kita tetap imbau pada mereka agar pulang tepat waktu," kata Rendy.

Polisi sebenarnya sudah mengingatkan mereka untuk menyudahi aksi karena waktu sudah habis.

Tapi, perwakilan massa negosiasi dengan kepolisian. Pendukung Ahok kemudian diizinkan untuk aksi menyalakan lilin. Tapi setelah itu harus membubarkan diri.

Pelaksana tugas Gubernur Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta pendukung Ahok menyudahi aksi turun ke jalan karena dapat mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat.

Djarot mengingatkan aksi solidaritas tersebut, meskipun dilakukan terus menerus, tetap tidak akan mengubah keputusan pengadilan yang memvonis Ahok dua tahun penjara atas kasus penistaan agama. Sebaliknya, aksi terus menerus bisa malah membuat warga tidak bersimpati lagi.

"Sudah stoplah. Kalau bikin aksi-aksi yang simpati jangan sampai ganggu warga, saya sampaikan jangan sampai merugikan diri sendiri jangan sampai merugikan masyarakat," kata Djarot di Balai Kota.

Djarot mengimbau ahokers untuk menghormati proses hukum seperti juga yang diharapkan Ahok.

Djarot kemudian menekankan pentingnya mengembalikan fondasi Pancasila dengan semangat nasionalisme.

"Apalagi sebentar lagi kita peringati Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei. Kita memperkuat ke-Indonesian kita. Jadi bukan hanya persoalan Pak Ahok," ujar Djarot.

"Oleh karena itu satu warning bagi kita semua jangan sekali-sekali gunakan isu-isu SARA untuk kepentingan kepentingan politik praktis," Djarot menambahkan.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ahokers Tetap Bertahan di Pengadilan, Mereka Nyalakan Lilin"

Post a Comment

Powered by Blogger.