Search

Apa Kabar Kasus Novel Baswedan, Sudahkah Pelakunya Ditemukan?

Suara.com - Penyidik Polda Metro Jaya berhati-hati mengungkap kasus penyiraman air keras ke wajah penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan. Itu sebabnya, sampai saat ini, polisi belum juga mengumumkan siapa dua eksekutornya.

‎‎"Ya tentunya untuk menangani kasus menang ada kasus yang cepat dan tak terlalu cepat tergantung situasi di lapangan‎," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Rabu (3/5/2017).‎

Pengungkapan kasus tergantung pada alat bukti dan saksi.

Argo kemudian menyontohkan kasus yang pengungkapannya memakan waktu cukup lama. Yaitu kasus pengeboman di Kedutaan Besar Filipina di Jakarta pada tahun 2000. Kasus tersebut baru terungkap tiga tahun kemudian.

Tapi, ada juga kasus yang pengungkapannya tak membutuhkan waktu lama. Yaitu kasus penyekapan disertai pembunuhan terhadap enam orang di Pulomas, Jakarta Timur, pada Desember 2016. Kasus tersebut terungkap kurang dari satu bulan.

‎"Jadi memang situasi di lapangan yang menentukan," kata dia.‎

Argo tidak mau terlalu jauh menyebutkan informasi terbaru apa yang didapatkan penyidik dalam kasus Novel.

"Induktif ini kan kami mulai dari TKP itu kemudian kita cek ke TKP berupa barang bukti, keterangan saksi di situ. Kalau deduktif itu kami melihat kira-kira motifnya seperti apa ya. Apakah ini motif personal, ataukah motif tentang pekerjaan. Ini masih kami dalami. Apakah itu personal atau masalah pekerjaan, jadi perlu kami buktikan," tuturnya.

Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan berjanji akan mengungkap kasus Novel.

"Kepolisian secepatnya ungkap kasus ini karena itu jadi utang buat saya kalau tidak terungkap. Oleh sebab itu, saya maksimal untuk ungkap ini termasuk saksi-saksi sudah makin banyak kami periksa," kata Iriawan di Polda Metro Jaya, Rabu (26/4/2017).

Penyidik, kata dua, sudah memeriksa banyak saksi. Keterangan mereka dianalisa dan dicocokkan dengan alat bukti pendukung, seperti foto dan rekaman pengawas.

"Dari saksi yang ada pun tidak bisa menjelaskan ciri-ciri pelaku yang pasti," kata dia.

Iriawan mengakui dua eksekutor lapangan tersebut tak kalah pintar. Mereka mempelajari lokasi serta perilaku Novel secara teliti sehingga aksi pada Selasa (11/4/2017) pagi itu berjalan sukses.

"Saya katakan pasti ini digambar lama oleh pelaku dan sudah beberapa hari yang bersangkutan tidak dikawal dan memang saat kejadian tersebut saudara Novel menyampaikan sudah beberapa hari tidak dikawal," kata Iriawan.

Novel Baswedan disiram air keras usai melaksanakan salat Subuh berjamaah di Masjid Al Ihsan, dekat rumahnya di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Saat ini, Novel sedang menjalani operasi di Singapura.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apa Kabar Kasus Novel Baswedan, Sudahkah Pelakunya Ditemukan?"

Post a Comment

Powered by Blogger.