Search

Moon Jae-in Terpilih Sebagai Presiden Baru Korea Selatan

Suara.com - Politisi berhaluan liberal Moon Jae-in secara meyakinkan berhasil memenangkan pemilihan Presiden Korea Selatan pada hari Selasa (9/5/2017). Kemenangan Moon tercermin dianggap sebagai kemenangan yang diharapkan bisa mengakhiri hampir satu dekade pemerintahan konservatif di Korea Selatan.

Selain itu, kemenangan Moon diharapkan membawa perdamaian di Semenanjung Korea. Moon dikenal sebagai politisi yang mengusung pendekatan yang lebih persuasif dalam mengatasi ketegangan dengan Korea Utara.

Kemenangan Moon mengakhiri periode kekacauan politik selama berbulan-bulan yang terjadi di Korea Selatan. Kekacauan terjadi setelah parlemen Korsel memberhentikan Presiden Korsel sebelumnya, Park Geun-hye dalam skandal korupsi yang luas. Park kemudian diadili oleh pengadilan pada bulan Maret.

Park menjadi pemimpin demokratis pertama yang terpilih di Korea Selatan namun dipecat dari jabatannya. Pemecatan Park pemilu presiden Korsel terpaksa dipercepat dari yang seharusnya.

Moon sendiri segera menyampaikan pidato kemenangan pertamanya. "Saya akan membuat negara yang adil dan adil. Saya akan menjadi presiden yang juga melayani semua orang yang tidak mendukung saya," katanya kepada kerumunan orang yang berkumpul pada tengah malam, Selasa (9/5/2017).

Menurut penghitungan Komisi Pemilihan Umum Korsel, Moon meraih kemenangan dengan 48 persen suara. Adapun penantang konservatif sekaligus mantan jaksa Hong Joon-pyo berada di posisi kedua 26,3 persen. Diikuti oleh kandidat sentris Ahn Cheol-soo dengan 21,3 persen. (Reuters)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Moon Jae-in Terpilih Sebagai Presiden Baru Korea Selatan"

Post a Comment

Powered by Blogger.