Search

Perayaan Dua Abad Kapitan Pattimura di Pegunungan Papua

Suara.com - Ribuan warga Maluku di wilayah pegunungan tengah Provinsi Papua, memperingati dua abad semangat Pahlawan Nasional Indonesia Kapitan Pattimura, di Lapangan Pendidikan Wamena. Acara peringatan itu berlangsung pada Senin (15/5/2017) malam hingga Selasa (16/5) dini hari.

Gubernur Provinsi Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Setda Maluku Maritje Lupulalan, di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, mengatakan api semangat Kapitan Pattimura adalah dasar bagi warga Maluku untuk bersama-sama elemen bangsa lainnya dalam melanjutkan cita-cita perjuangan nasional.

"Sebelum ajalnya tiba, ia berkata, Pattimura tua akan mati, tetapi akan bangkit lagi Pattimura muda untuk meneruskan perjuangan ini. Saya ingin menghimbau semua basudara (bersaudara) di tanah Papua, khususnya di pegunungan tengah Papua agar terus memaknai ikrar janji tersebut dalam kerja dan karya yang nyata," ujarnya.

Melalui peringatan ke-200 tahun Pattimura, warga Maluku se-pegunungan tengah Papua berkomitmen mempertahankan perjuangan Pattimura dan mendukung pembangunan pemerintah.

Sementara Ketua Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) se-pegunungan tengah Papua Chirstian Sohilait, mengatakan perayaan dua abad itu dilakukan karena semangatnya bisa menjadi teladan untuk berkarya.

“Karenanya, saya meminta elemen pemerintah dan masyarakat di wilayah pegunungan Papua untuk ikut menjaga dan melindungi warga Maluku,” tutur Chirstian yang juga menjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya tersebut.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perayaan Dua Abad Kapitan Pattimura di Pegunungan Papua"

Post a Comment

Powered by Blogger.