Search

Rossi Terbanyak Juara di Jerez, Berikut 10 Fakta Menarik MotoGP Spanyol

Suara.com - Setelah jeda hampir dua minggu, balapan motor paling spektakuler di dunia, MotoGP, bakal kembali bergulir. Kali ini, Sirkuit Jerez, Spanyol, jadi tuan rumah MotoGP 2017 seri keempat; 5-7 Mei.

Balapan kali ini juga jadi penanda kembalinya balapan ini ke Benua Eropa setelah di tiga seri sebelumnya digelar di kawasan Asia dan Amerika.

Sirkuit Jerez pertama kali menggelar ajang balap motor MotoGP pada tahun 1987. Tahun ini, jadi penyelenggaraan ke-30 mereka di ajang ini.

1. Honda dan Yamaha sama-sama telah mengoleksi tujuh kemenangan di Jerez.

2. Satu-satunya kemenangan Ducati di Jerez, yakni pada tahun 2006, ketika Loris Capirossi memenangi balapan setelah start dari pole position.

3. Suzuki terakhir kali menang di Jerez pada tahun 2000, lewat pebalapnya Kenny Roberts Jr di kelas 500cc. Di tahun itu pula Roberts Jr meraih gelar juara dunia di kelas yang sama.

4. Tahun lalu jadi yang pertama lagi sejak 2009 tak ada pebalap asal Spanyol yang menang di tiga kelas berbeda di Jerez.

5. Selama lima tahun terakhir di kelas MotoGP, Sirkuit Jerez dijuarai oleh lima pebalap berbeda: Casey Stoner (2012), Dani Pedrosa (2013), Marc Marquez (2014), Jorge Lorenzo (2015), dan Valentino Rossi (2016).

6. Dalam tiga tahun terakhir, pebalap MotoGP yang juara di Jerez memulai start dari pole position.

7. Kemenangan yang diraih Marc Marquez di Austin merupakan yang ke-30 dalam kariernya di kelas MotoGP, satu lebih banyak dari rekan setimnya Dani Pedrosa.

8. Podium yang diraih Marc Marquez dan Dani Pedrosa di Austin, Amerika Serikat, lalu jadi yang pertama lagi ada dua pebalap Repsol Honda sama-sama berhasil naik podium sejak terakhir tahun lalu di GP Catalan ketika Marquez finis kedua, dan Pedrosa ketiga.

9. Kemenangan yang diraih Valentino Rossi di Jerez tahun lalu jadi yang pertama lagi baginya di arena yang sama sejak terakhir di tahun 2009.

10. Valentino Rossi jadi pebalap paling sukses di sirkuit Jerez, yakni sembilan kali menang; tujuh diantaranya di kelas utama (500cc/MotoGP).

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rossi Terbanyak Juara di Jerez, Berikut 10 Fakta Menarik MotoGP Spanyol"

Post a Comment

Powered by Blogger.