Search

Siapakah Afi Nihaya Faradisa, Anak SMA yang Kontroversial Itu?

Suara.com - Belakangan nama Afi Nihaya Faradisa menjadi buah bibir di media. Anak SMA itu dipuji karena keberaniannya mengungkapkan pemikiran tentang toleransi beragama di laman Facebooknya.

Pemikiran Afi juga banyak dicibir karena menyinggung kelompok tertentu. Dia hanya menuangkan pemikirannya di tengah situasi intoleransi.

“Saya hanyalah perempuan biasa yang lahir di Banyuwangi pada tanggal 23 Juli 1998,” kata Afi dalam tulisannya di Facebook.

Afi Nihaya Faradisa adalah nama anagram atau nama pena dari Asa Firda Inayah. Nama KTP Afi adalah Asa Firda Inayah.

“Afi: (A)sa (F)irda (I)nayah. Nihaya: Inayah. Faradisa: Firdaasa,” jelas perempuan asal Banyuwangi yang bersekolah di SMA Negeri 1 Gambiran itu.

Alasan Afi menggunakan nama pena karena dia ingin menyampaikan kebaikan-kebaikan secara anonim di dunia maya.

“Karena yang penting bagi saya bukanlah mengambil sebanyak mungkin keuntungan dari melambungnya nama. Karena yang penting bagi saya adalah tersampainya beragam pesan kebaikan pada sebanyak-banyaknya pembaca. Saya adalah orang yang sangat jauh dari sempurna, berjuta-juta jumlah kekurangan pada diri. Saya hanya mencoba melakukan apapun yang gadis 18 tahun bisa lakukan untuk membuat dirinya berguna. Itu saja,” papar dia.

Afi mulai dikenal karena menulis dengan judul ‘Warisan’ di akun Facebooknya 15 Mei 2017 lalu. Sampai Senin (29/5/2017) dinihari, tulisan itu sudah dibagikan sebanyak 73.576 kali, dan ada 16.848 komentar.

Wartawan mulai mendatangi rumah dan sekolahnya. Media mulai menulis ‘kehebohan’ tulisannya itu karena disebar oleh ribuan orang.

“Saya diminta berbicara di beberapa seminar. Saya tampil di televisi. Saya memenuhi undangan makan pagi dari Pak Bupati Banyuwangi. Ya, belakangan ini saya memang mendapat sorotan banyak orang, tapi hal itu bukanlah sebuah kesengajaan,” cerita dia.

Saking dianggap kontroversi, Facebook sempat suspend atau menghentikan akun Afi selama hampir 24 jam.

“Selama kurun waktu tersebut, akun saya menghilang. Saya sedih. Di depan mata, upaya saya sejak lama tiba-tiba sirna. Saya merasa bahwa inilah akhirnya,” cerita dia.

Namun warganet menginginkan akun Afi kembali.Tagar #FACEBOOKbringbackAFI pun muncul.

“Peristiwa ini menguji saya pribadi. Menguji apakah saya benar-benar bisa sebaik tulisan saya saat menghadapi persoalan sungguhan, sekaligus mengetahui mana teman yang bukan hanya datang saat senang. Beribu terima kasih pada Anda semua. Tanpa Anda, saya tidak akan bisa apa-apa,” jelas dia.

Anda bisa menjumpai Afi di akun Facebook http://ift.tt/2rxYOXP dan instagram @afi.nihayafaradisa.

“Selain yang saya sebutkan di atas, semuanya palsu termasuk fanpage, website, twitter, dan lainnya,” jelas dia.

Seperti apa tulisan ‘Warisan’ yang menghebohkan itu? Berikut isi lengkapnya:

WARISAN

Ditulis oleh Afi Nihaya Faradisa

Kebetulan saya lahir di Indonesia dari pasangan muslim, maka saya beragama Islam. Seandainya saja saya lahir di Swedia atau Israel dari keluarga Kristen atau Yahudi, apakah ada jaminan bahwa hari ini saya memeluk Islam sebagai agama saya? Tidak.

Saya tidak bisa memilih dari mana saya akan lahir dan di mana saya akan tinggal setelah dilahirkan.

Kewarganegaraan saya warisan, nama saya warisan, dan agama saya juga warisan.

Untungnya, saya belum pernah bersitegang dengan orang-orang yang memiliki warisan berbeda-beda karena saya tahu bahwa mereka juga tidak bisa memilih apa yang akan mereka terima sebagai warisan dari orangtua dan negara.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Siapakah Afi Nihaya Faradisa, Anak SMA yang Kontroversial Itu?"

Post a Comment

Powered by Blogger.