Search

Ditangkap, Pelaku Ketiga Teror London

Suara.com - Pelaku ketiga pelaku teror berdarah di London berhasil dibekuk polisi saat akan terbang ke Suriah. TSK diketahui lelaki berumur 22 tahun bernama Youssef Zaghba. Dia berdarah campuran dari ibu asal Italia dan ayah asli Maroko. Kedua orang tua Youssef telah bercerai. Youssef sendiri memiliki pasfor Italia dan Maroko.

Youssef lebih banyak menghabiskan hidupnya di kampung halaman ayahnya di Maroko, dan sempat beberapa tahun bekerja di Inggris.

Tahun lalu, Yousssef pernah ditangkap di bandara Bologna oleh otoritas Italia saat akan terbang ke Suriah. Dia dicurigai akan bergabung dengan kelompok militan ISIS. Saat ditangkap, ditemukan tas kecil, handphone, paspor, dan tiket menuju Istanbul, Turki.

Di telepon genggam Youssef, polisi mendapati video propaganda ISIS. Namun, karena tak cukup bukti, Youssef akhirnya dibebaskan. Dia juga tak diusir karena dianggap sebagai WN Italia sah, meski dicurigai berpotensi menjadi seorang teroris. Namun, nama Youssef sudah masuk dalam daftar intelijen Italia dan Maroko karena dianggap berpotensi sebagai teroris.

Polisi merilis nama dua dari tiga orang pelaku serangan di jantung kota London pekan lalu. Salah satu dari mereka sudah dikenal karena pandangan ekstremisnya di antara tetangganya dan telah dilaporkan ke pihak berwenang beberapa tahun yang lalu.

Dia juga pernah muncul dalam sebuah film dokumenter televisi Inggris tahun 2016 yang berjudul "The Jihadis Next Door."

Khuram Shazad Butt, seorang pekerja transit berusia 27 tahun, tampaknya adalah orang yang ramah. Tetangganya mengatakan bahwa dia kerap mengundang teman-teman lelakinya untuk barbeque dan sering mengunjungi tempat gym serta kolam renang.

Tapi dia juga menunjukkan sisi gelap, yang membuat tetangganya menelpon polisi untuk memperingatkan bahwa dia seorang ekstremis.

Butt, yang dibunuh oleh polisi saat serangan Sabtu (3/6/2017) adalah seorang warga Inggris yang lahir di Pakistan. Dia berbicara bahasa Inggris slang London timur dan merupakan penggemar tim sepak bola Arsenal. (AFP)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ditangkap, Pelaku Ketiga Teror London"

Post a Comment

Powered by Blogger.