Search

Iran Tuding Trump Dalang Krisis Diplomatik Qatar

Suara.com - Pemutusan hubungan diplomatik dengan Qatar oleh negara-negara di Timur Tengah turut dikomentari Iran. Wakil kepala staf Presiden Iran Hassan Rouhani, Hamid Aboutalebi menyebut krisis diplomatik negara-negara tersebut didalangi Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

"Apa yang terjadi adalah hasil awal dari tarian pedang," kata Aboutalebi melalui akun Twitter-nya dilansir dari laman Independent, Selasa (6/6/2017).

Tarian pedang merujuk pada pertemuan Trump dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz. Saat berkunjung ke Arab Saudi bulan lalu, Trump memang disambut upacara tarian pedang tradisional Arab Saudi.

Arab Saudi, UEA, Yaman, Libya, Bahrain, Mesir, dan Maladewa memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar pada Senin. Mereka menuduh Qatar mendukung terorisme.

Kantor berita resmi Saudi, SPA, memberitakan kerajaan itu tak hanya memutus hubungan diplomatik, tapi juga menutup seluruh wilayah dari eks sekutunya tersebut.

Kementerian Luar Negeri Mesir mengungkapkan hal serupa. Dalam pernyataan resmi yang dikutip AFP, Kemenlu Mesir menyebut Qatar sebagai sponsor aksi terorisme.

"Mesir juga menutup seluruh dermaga dan bandara untuk kapal-kapal dan pesawat Qatar."

Sedangkan Bahrain beralasan memutus hubungan dengan Qatar, karena negara itu secara tak langsung memengaruhi destabilisasi dalam negeri kerajaan kecil tersebut.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Iran Tuding Trump Dalang Krisis Diplomatik Qatar"

Post a Comment

Powered by Blogger.