Search

Jemaah Masjid Al-Marzuqiyah Berlebaran Senin, Menag: Taati Kesepakatan Bersama

Suara.com - Jemaah Masjid Al-Marzuqiyah yang terletak daerah di Cipinang Muara, Jakarta Timur akan merayakan Hari Raya Idul Fitri pada Senin (26/6/2017).

Menanggapi hal tersebut, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengimbau umat muslim di Indonesia untuk mengikuti keputusan pemerintah terkait penetapan 1 Syawal yang disepakati bersama.

"Saya pikir, saya sebagai Menteri Agama mengimbau seluruh umat Muslim Indonesia untuk kita mematuhi dan mentaati kesepakatan kita bersama," ujar Lukman usai jumpa pers Sidang Isbat Awal Bulan 1 Syawal 1438 H di Kementerian Agama, Jakarta, Sabtu (24/6/2017).

Menurut Lukman, penetapan 1 Syawal 1438 H merupakan kewenangan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama. Penetapan 1 Syawal tersebut berdasarkan hasil pemantaun hilal dan kesepakatan bersama pada Sidang Isbat, Sabtu (24/6/2017).

"Di mana kesepakatan itu adalah bahwa kewenangan menetapkan isbat itu ada di tangan pemerintah melalui Menteri Agama setelah berkonsultasi, setelah ‎bermusyawarah dengan para ulama, dengan para pimpinan ormas-ormas Islam," pungkas Lukman.

Sebelumnya Ketua Bidang Hukmiyah Syariah Masjid Al Marzuqiyah, Lukman Hakim mengatakan alasan menentukkan Hari Raya Idul Fitri pada Senin sesuai dengan Kitab Tamyiz Zulhaq Minad Dollal, karangan Habib Usman Bin Aqil Bin Yahya.

Selanjutnya kata Lukman, jemaah Masjid Al Marzuqiyah berdasarkan rujukan Kitab Fadhlul Rohman karangan Marzuki bin Mirsod. Dalam kitab diterangkan hilal dapat terlihat dengan batas minimal ketinggian tujuh derajat.

"Di mana kitab ini dijelaskan hilal terlihat 7 derajat. Ini landasan kita," ujar Lukman kepada wartawan, Sabtu (24/6/2017).

Lukman juga mengatakan bahwa perbedaan penetapan Hari Raya Idul Fitri dengan pemerintah sudah biasa.

"Bukan hanya kali ini saja. Perbedaan sudah menjadi hal biasa dalam melihat hilal. Masyarakat adem-adem aja. Ibadah sesuai keyakinan masing masing," kata dia .

Pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal jatuh pada 1438 H yakni Minggu (25/6/2017).

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jemaah Masjid Al-Marzuqiyah Berlebaran Senin, Menag: Taati Kesepakatan Bersama"

Post a Comment

Powered by Blogger.