Search

Pelaku Teror London Sempat Tampil di Film Dokumenter

Suara.com - Polisi merilis nama dua dari tiga orang pelaku serangan di jantung kota London pekan lalu. Salah satu dari mereka sudah dikenal karena pandangan ekstremisnya di antara tetangganya dan telah dilaporkan ke pihak berwenang beberapa tahun yang lalu.

Dia juga pernah muncul dalam sebuah film dokumenter televisi Inggris tahun 2016 yang berjudul "The Jihadis Next Door."

Khuram Shazad Butt, seorang pekerja transit berusia 27 tahun, tampaknya adalah orang yang ramah. Tetangganya mengatakan bahwa dia kerap mengundang teman-teman lelakinya untuk barbeque dan sering mengunjungi tempat gym serta kolam renang.

Tapi dia juga menunjukkan sisi gelap, yang membuat tetangganya menelpon polisi untuk memperingatkan bahwa dia seorang ekstremis.

Butt, yang dibunuh oleh polisi saat serangan Sabtu (3/6/2017) adalah seorang warga Inggris yang lahir di Pakistan. Dia berbicara bahasa Inggris slang London timur dan merupakan penggemar tim sepak bola Arsenal.

Dia mengenakan salah satu kaus tim favoritnya saat dia dan dua penyerang lainnya membunuh tujuh orang dan melukai 48 lainnya dalam serangan kendaraan dan pisau di pusat kota London. Penyerang lainnya diketahui polisi bernama Rachid Redouane.

Butt telah menyuarakan pandangan ekstremisnya selama bertahun-tahun, termasuk berpendapat bahwa pemungutan suara dalam pemilihan Inggris adalah "melawan Islam."

Tetangga mengatakan bahwa Butt tidak akan berbicara dengan perempuan di luar keluarganya. Istrinya sering mengenakan jilbab dengan cadar dan mereka memiliki dua anak.

"Khuram Shazad Butt diketahui polisi dan MI5. Namun, tidak ada intelijen yang mengatakan bahwa serangan tersebut merupakan terencana dan higga kini penyelidikan terus dilakukan," kata polisi dalam sebuah pernyataan merujuk pada badan intelijen domestik Inggris.

Butt pernah dikeluarkan dari salah satu masjid London timur dimana sesekali tempatnya beribadah. Dia saat itu berteriak 'Hanya Tuhan yang bertanggung jawab' dan mengganggu sang imam.
Pusat Islam Jabir bin Zayd mengatakan pada hari Senin bahwa insiden tersebut terjadi beberapa tahun yang lalu namun tidak memberikan rincian.

Di "The Jihadis Next Door," Butt terlihat berdoa di taman London. Sedangkan satu orang lainnya tampil dalam film dokumenter tersebut sejak bergabung dengan kelompok militan Islam di Suriah.

Siddhartha Dhar meninggalkan Inggris hanya beberapa hari setelah dibebaskan dari penjara dengan jaminan dan diperkirakan telah bergabung di jajaran Negara Islam dengan cepat setelah tiba di Suriah. Seperti Dhar, Butt dianggap telah dikaitkan dengan al-Muhajiroun, sebuah organisasi ekstremis yang dilarang. [The Washington Post]

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pelaku Teror London Sempat Tampil di Film Dokumenter"

Post a Comment

Powered by Blogger.