Search

Dosen ITB Tewas Bakar Diri dan Hendak Terjun ke Jurang

Suara.com - Misteri kematian Dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) Suryo Utomo mulai tersibak. Polisi menduga pria tersebut meninggal dunia karena bunuh diri.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Barat Komisaris Besar Yusri Yunus mengungkapkan, Suryo tewas diduga dengan cara membakar dirinya sendiri.

“Itu merujuk hasil autopsi. Ada luka bakar di kedua kaki korban,” terang Yunus, Senin (15/5).

Ia mengungkapkan, terdapat luka terbuka yang tak rata hingga dasar tulang kepala. Sementara tulang iga bagian dada kiri juga terdapat patahan.

Sementara pada lengan kiri bagian atas Suryo, ditemukan luka sayatan. Sedangkan bagian punggung terdapat patahan.

Ia mengatakan, hasil autopsi juga menjadi dasar polisi menduga Suryo sebenarnya mau terjun bebas ke jurang dari ketinggian 20 meter.

Ketika  melakukan olah tempat kejadian perkara, polisi mengetahui terdapat jurang berkedalaman 20 meter di dekat lokasi ditemukannya mobil milik Suryo, di Ciranjang, Cianjur.

Pihak keluarga langsung merespon hasil autopsi sementara dari polisi yang menyebut Suryo Utomo diduga menghabisi nyawanya dengan cara membakar diri dan melompat ke jurang.

Wakapolres Cianjur Komisaris Santiadji Kartasasmita mengatakan, hasil autopsi yang dilakukan Instalasi Pemulasaraan Jenazah dan Kedokteran Forensik (IPJKF) RSUD Cianjur, tidak ditemukan tanda-tanda luka akibat kekerasan atau tidak pidana.

"Hasil penyelidikan yang kami lakukan dan berdasarkan hasil autopsi dari IPJKF RSUD Cianjur, dapat dipastikan Suryo Utomo tewas akibat bunuh diri. Bahkan, hasil tersebut diperkuat dengan keterangan dari beberapa saksi yang ada di sekitar tempat kejadian. Korban diduga mengalami depresi," katanya.

Dia menambahkan, saksi yang dimintai keterangan menyebutkan Suryo terlihat seperti orang yang terkekan dan sempat bolak-balik di rest area Ciatrum, dimana kendaraan miliknya ditemukan terparkir.

"Saat berbincang-bincang dengan saksi, korban seperti tidak fokus dan sering mondar-mandir ke sejumlah tempat di rest area," katanya. 

Sebelumnya diberitakan, jenazah Suryo Utomo (30), dosen ITB yang dilaporkan pihak keluarga hilang (Rabu, 10/5) setelah mengantarkan ibunya ke Terminal Leuwi Panjang, Bandung, akhirnya ditemukan sudah tidak bernyawa di Waduk Cirata, Cianjur (Sabtu, 13/5).

Jajaran Polres Cianjur juga menemukan mobil Toyota Vios, warna silver bernopol F 1031 DC, milik Suryo yang terparkir di Rest Area Citarum, dengan dengan kunci kontak tergantung. 

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dosen ITB Tewas Bakar Diri dan Hendak Terjun ke Jurang"

Post a Comment

Powered by Blogger.