Search

Sholat Ied di Halaman Katedral, Tak Ada Pengamanan Khusus

Suara.com - Petugas keamanan Gereja Katedral, Rusli, mengatakan tidak ada pengamanan khusus terkait digunakannya lahan parkir gereja untuk jamaah salat Idul Fitri Masjid Istiqlal. Menurutnya, keamananan di Katedral hanya dijaga oleh keamanan dari pihak internal.
"Nggak yah. Kita nggak nambah pengamanan. Ya kita-kita saja yang memang jaga keamanan di sini," kata Rusli.
Meski begitu, pihak kepolisian dan anggota TNI banyak yang berjaga di sekitaran Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Mereka menjaga untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di lokasi tersebut.
Selain itu, Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang melaksanakan salat Idul Fitri di Istiqlal juga menjadi alasan kuat dilakukannya penjagaan. 
"Kalau kepolisian ini kan untuk jaga di Istiqlal juga. Kita tidak berlebihan  Kita hargai umat beragama melakukan ibadah. Saling menjaga saja," tambahnya.
Sebagaimana diketahui, Gereja Katedral juga telah mengubah jadwal misa menjadi pukul 10.00 WIB. Tidak seperti biasanya yang dilakukan pada pukul 6.00 WIB.
"Dari katedral sendiri kita sifat toleransi ke sesama umat. Kebiasaan tradisi setiap tahun ya kita menyediakan tempat parkir, sesama umat agar mereka lebih nyaman beribadah. Seperti yang kemarin juga perayaan hari raya haji ya seperti ini juga kita lakukan. Jadi yang biasanya jam 6 kita lakukan misa jadi kita undur," tambahnya.
Terkait perubahan jadwal misa tersebut, pihak katedral juga telah memberitahukannya kepada jamaah yang akan melakukan ibadah Minggu.
"Ada pemberitahuan satu minggu lalu. "Sounding" kepada umat juga melalui media sosial, website jadi umat supaya tak kaget, makanya kita "sounding" juga," jelasnya.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sholat Ied di Halaman Katedral, Tak Ada Pengamanan Khusus"

Post a Comment

Powered by Blogger.