Search

Jokowi dan 3 Ulama Masuk 50 Tokoh Islam Berpengaruh Sedunia

Suara.com - Sebanyak empat tokoh Indonesia masuk daftar 500 Tokoh Musim Paling Berpengaruh Sedunia 2017. Daftar itu disusun dan dipublikasikan Royal Islam Strategic Studies Centre (RISSC), yang berbasis di Amman, Yordania.

Uniknya, pentolan FPI Muhammad Rizieq Shibab yang dikenal getol menggelar aksi bertajuk Bela Islam, justru tak masuk ke dalam daftar resmi tersebut.

Keempat tokoh yang masuk daftar itu ialah Presiden Joko Widodo, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Agil Siraj, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin, dan Rais Am Jammah Ahli Thariqah al Mu’tabarah al-Nahdiliyah, Habib Luthfi Yahya.

Bahkan, Jokowi, Said Agil, Din Syamsuddin, dan Habib Luthfi masuk dalam daftar Top 50. Secara berurutan, masing-masing menempati posisi 13, 20, 41, dan 45.

“Seluruh tokoh itu  dipilih dari 13 profesi yang lekat pada masyarakat, yakni ulama, politikus, pejabat agama dalam institusi pemerintahan, guru spiritual, dan filantropik. Tokoh Islam berpengaruh itu juga dipilih dari mereka yang bergerak di bidang aktivisme sosial, seni, budaya, media, olahragawan, bahkan ekstremis,” terang RISSC sebagai keterangan publikasi tersebut.

Keseluruhan tokoh, dipilih berdasarkan sejumlah kriteria di antaranya memunyai kekuatan untuk melakukan perubahan yang berdampak signifikan terhadap dunia Islam.

Jokowi, dalam publikasi itu, disebutkan memberi dampak perubahan terhadap Muslim karena aktivitas blusukan.

Sementara Said Agil, Din Syamsuddin, serta Habib Lutfhi terpilih karena keteguhannya membimbing umat Muslim secara baik dan benar.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi dan 3 Ulama Masuk 50 Tokoh Islam Berpengaruh Sedunia"

Post a Comment

Powered by Blogger.