Search

Melewati Tol Bawen-Salatiga yang Memiliki Panorama Mirip Swiss

Suara.com - Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri Inspektur Jenderal Royke Lumowa mengatakan jalan tol Bawen - Salatiga sepanjang 17,57 kilometer akan dioperasikan untuk sementara pada musim arus mudik lebaran.

"Jalan tol fungsional itu sejauh 17 sekian kilometer. Itu untuk menghindari Kota Salatiga dan juga penggal jalan Bawen. Itu sangat membantu untuk mengurai kemacetan di kota Salatiga dan Bawen," kata Royke ketika meninjau tol Bawen - Salatiga, Jawa Tengah, Kamis (15/6/2017).

Jalur bebas hambatan ini merupakan bagian dari proyek pembangunan jalan tol Semarang - Solo, yakni seksi III tol Bawen - Salatiga.

Selama musim arus mudik, kata Royke, ruas tol dikhususkan untuk kendaraan golongan satu.

"Ini tol Itu satu arah untuk Lebaran. Kendaraan yang dilalui hanya golongan satu untuk arus mudik ke arah Solo. Nanti itu dibuka pada 19 Juni 2017," ujar Royke.

"(Sementara ini) opersionalnya Bawen sudah dua arah. Dan rest area ada luasnya dua hektare bisa memuat untuk 150 mobil golongan satu," Royke menambahkan.

Royke berharap ruas tol tersebut nanti terintegrasi sampai Solo pada akhir tahun ini.

"Ya tol ini kalau sudah nyambung sampai Solo akhir tahun ini luar biasa. Jadi, kalau dari Jakarta ke Surabaya nanti nyambung itu tahun depan," kata Royke.

Pemandangan indah

Royke mengatakan gerbang tol Salatiga mempunyai kelebihan tersendiri. Gerbang tol ini berlatar belakang pegunungan Merbabu dan Merapi yang akan terlihat jelas saat cuaca cerah.

Royke mengatakan panorama alam ini akan menjadi hiburan tersendiri bagi pengguna jalan. Pemandangan sekitar jam 09.00 WIB, kata Royke, akan terlihat sempurna.

"Tol fungsional Salatiga tepatnya di Tingkir yang katanya gatenya tidak kalah dengan di negara Swiss dengan pemandangan gunungnya. Tapi, kita sayang ada awan membuat tertutup sehingga gunung Merapi dan Merbabu tak terlihat," ujar Royke.

Sementara itu, menurut pengamatan Suara.com, jalan tol Bawen - Salatiga sudah dilapisi beton dan aman buat dilewati kendaraan.

Tapi, pemudik harus tetap hati-hati karena belum ada rambu - rambu lalu lintas maupun lampu di jalan. Tapi, pembatas jalan di sisi kiri dan kanan ruas tol sudah terpasang.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Melewati Tol Bawen-Salatiga yang Memiliki Panorama Mirip Swiss"

Post a Comment

Powered by Blogger.