Search

Studi: Perempuan Mentruasi Sebelum 12 Tahun Lebih Cepat Nikah

Suara.com - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, anak perempuan yang menstruasi lebih awal lebih cepat menikah.

Penelitian terbaru tersebut menunjukkan, waktu menstruasi pertama perempuan mungkin memengaruhi perjumpaan seksual pertama dan kehamilannya.

"Menstruasi menandai dimulainya kehidupan reproduksi seorang gadis dan merupakan indikator penting kesehatan fisik, nutrisi, dan reproduksi anak perempuan. Namun, seringkali terlewatkan dalam kesehatan masyarakat," kata penulis senior Marni Sommer.

Di negara berpenghasilan tinggi, anak perempuan biasanya memasuki masa haid sebelum usia 12 tahun. Peneliti dari Columbia University Mailman School of Public Health menggunakan data dari studi review dan database ilmu kesehatan dan sosial untuk menilai hubungan antara haid dan berbagai hasil seksual dan reproduksi negatif pada masa remaja.

Ini termasuk debut seksual awal, pengalaman kemajuan seksual dari lelaki yang lebih tua, kehamilan dan persalinan dini, pengambilan risiko seksual, dan infeksi menular seksual, termasuk HIV. Para peneliti juga memelajari hubungan antara usia haid dan pernikahan dini.

Dua penelitian dilakukan di Malawi; Yang lainnya dilakukan di Afrika Selatan, Nepal, Jamaika, Nigeria, Zimbabwe, India, dan Bangladesh. Secara keseluruhan, usia yang lebih rendah saat menstruasi dikaitkan dengan usia awal inisiasi seksual, usia saat hamil, dan kelahiran pertama.

Contoh perempuan Jamaika yang menstruasi lebih awal 28 persen lebih mungkin melakukan hubungan seksual sebelum berusia 16 tahun. Di pedesaan Malawi, 55 persen dari mereka memiliki periode haid pertama sebelum menginjak usia 14 tahun dan berhubungan seks sebelum usia 16 tahun, dibandingkan dengan 27 persen di antara mereka yang haid pada usia 14 sampai 15 tahun, dan hanya 4 persen dari mereka yang haid pada usia 16 atau lebih tua dan beberapa gadis terlibat dalam hubungan seksual sebelum mereka mulai menstruasi.

Anak perempuan yang mengalami haid pada usia dini juga lebih cenderung untuk menikah di usia muda.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Studi: Perempuan Mentruasi Sebelum 12 Tahun Lebih Cepat Nikah"

Post a Comment

Powered by Blogger.