Search

Jenderal Gatot Singgung Buka Lapak, Blibli, Amazon, dan Alibaba

Suara.com - Di tengah acara rapat pimpinan nasional yang diselenggarakan Partai Golkar di Novote, Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (22/5/2017), Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ‎mengingatkan tentng pesatnya kemajuan teknologi dan informasi. Perkembangan teknologi turut mempengaruhi gaya hidup masyarakat.

‎"Jangan-jangan, suatu saat nanti, bapak ibu menghadiri pernikahan, begitu salaman kok ada yang kuat sekali salamannya, ternyata salah satu pasangannya adalah robot," kata Gatot.

Sontak, hadirin tertawa mendengarnya. Sebelum tawa hadirin berhenti, Gatot menekankan itu merupakan kenyataan.

"Silakan tertawa. Saya pun mengatakan enam bulan yang lalu. Kalau ini bisa terjadi 10 hingga 20 tahun mendatang. Dan ternyata pekiraan saya salah. Bulan oktober 2016, di Prancis ada yang menikah dengan robot dan ini pemerintah Prancis sedang melegalkan perkara seorang gadis. Dan ternyata perempuan lebih cepat memilih robot dibanding pria," kata Gatot.

Gatot juga mengatakan perkembangan teknologi dan komunikasi telah mengurangi kualitas hubungan keluarga dan teman.

"‎Coba bapak ibu di sini suruh pilih, tidak menggunakan HP sehari atau tidak bertemu keluarga atau pacarnya satu hari? Nanti ada yang bilang, ah kan dengan video call kita bisa bertemu dengan keluarga dan pacar," tuturnya.

Masyarakat kini cenderung lebih tertarik interaksi lewat media sosial ketimbang secara langsung.

Perkembangan perilaku tersebut, kata dia, turut mempengaruhi pasar dan kebijakan pemerintah.

Gatot mencontohkan kebijakan pemerintah mengenai deposito untuk tenaga kerja Indonesia sebesar Rp25 juta. Setelah mendapat tanggapan negatif, kebijakan itu dibatalkan.

"Sama juga dengan soal bisnis, bayangkan perusahaan ojek terbesar di Indonesia tapi nggak punya ojek. Ruangan (kerjanya) kecil saja. Bahkan perusahaan taksi di dunia, dia tidak punya taksi untuk disewakan," tuturnya.

"Bahkan sekarang mau beli apa aja pesen di rumah langsung datang. Perusahaannya nggak punya toko. Buka Lapak, Blibli, Amazon, dan Alibaba," Gatot menambahkan.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jenderal Gatot Singgung Buka Lapak, Blibli, Amazon, dan Alibaba"

Post a Comment

Powered by Blogger.